Berita LAFAI

Training Seminar LAFAI-PERSI tentang Implementasi Managed Care & INA-CBG pada Rumah Sakit Jaringan JKN

by Webmaster

Abdul Choliq Amin, SE, MM dari PERSI membuka dan sekaligus memberikan paparan pada Training Seminar

Training Seminar tentang Implementasi Manged Care dan INA-CBG pada Rumah Sakit Jaringan JKN diselenggarakan oleh LAFAI bersama PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) pada tanggal 17-18 Desember 2013 bertempat di Hotel Santika Premiere Jakarta, dihadiri sekitar 50 peserta yang berasal dari kalangan rumah sakit, perusahaan asuransi, broker asuransi, perguruan tinggi dan konsultan bisnis. Seminar ini dibuka oleh Abdul Choliq Amin, SE, MM dari PERSI sekaligus memaparkan materi tentang pengendalian biaya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam INA-CBG (Indonesia Case Based Group). DR. drg. Yaslis Ilyas, MHP, HIA, AAK dari Yaslis Institute sekaligus sebagai Ketua Umum LAFAI menyampaikan prinsip-prinsip manage care dan penerapannya di dunia asuransi dan jaminan kesehatan Indonesia. Pembicara Dr. Sumiarsih Pujilaksani, MKM, AAK dari PT. Solusi Profesional Medika Indonesia menyampaikan praktek Utilization Review baik retrospective maupun concurrent untuk pengendalian biaya. Pembicara Dr Rachmat Budi Santoso, Spu menceritakan pengalamannya dalam melakukan implementasi INA-CBG di Rumah Sakit Kanker Dharmais.  Hari pertama ditutup oleh pembicara Moertjahjo, SKM, M.Kes, AAAK dari PT. Narifa Fifa Jaya menyampaikan perkembangan Jaminan dan Asuransi Kesehatan di Indonesia, serta uraian tentang JKN untuk Universal Health Coverage.
Pada hari kedua Drs. Odang Muchtar, MBA, AAAIJ, QIP dari Institut Jaminan Sosial Indonesia, menyampaikan JKN Updtade - tentang kebijakan dan benefit terbaru pada program Jaminan Kesehatan Nasional. Dr. Tanya Masjhur dari PT. Thamrim Mediacare,  menjelaskan tentang penerapan teknik managed care pada produk asuransi kesehatan komersial. Training Seminar ini diakhiri dengan paparan Tim NCC (National Casemix Center) Kemenkes RI yang dibawakan oleh Dr Achmad Subagyo, dan demonstrasi penggunaan perangkat lunak INA-CBG versi 4.0 oleh Dr. Rudi Yulianto.

Go back

Berita LAFAI

  1. Komentar atas berita hanya dapat dilakukan oleh Anda yang terdaftar sebagai Anggota LAFAI. Hubungi kami untuk menjadi Anggota.
  2. Kami menerima berita yang layak disiarkan pada media ini. Sampaikan kepada kami berikut sumber beritanya.